Laman

Jumat, 23 Juli 2010

Masa Depan Spesies Ikan Paus



Beberapa spesies ikan paus terancam punah akibat perburuan, kehilangan sumber pangan, serta polusi laut.

Penelitian selama lima tahun oleh peneliti di AS serta grup Perlindungan menemukan adanya kadar racun dan raksa yang tinggi dalam sperma paus. selain itu ditemukan juga kandungan level logam beracun kadmium, aluminium, kromium, timah, perak, air raksa dan titanium dengan kadar paling tinggi pada mamalia laut.

Pengambilan jaringan kontaminasi pada ikan paus di daerah kutub, yang mengindikasikan bahwa logam berat telah menyebar jauh dari tempat diemisikan. Logam berat merupakan salah satu bentuk materi anorganik yang sering menimbulkan berbagai permasalahan cukup serius di laut. Logam berat memiliki densitas yang lebih dari 5 gram/cm3 dan logam berat bersifat tahan urai. Sifat tahan urai inilah yang menyebabkan logam berat semakin terakumulasi di dalam perairan.

Ahli Biologi Amerika dan pendiri Perserikatan Lautan Dr. Roger Payne menyatakan ” Seluruh kehidupan di dalam laut dipenuhi dengan serangkaian kontaminan, kebanyakan hasil perbuatan manusia. Saya tidak melihat masa depan bagi spesies paus kecuali kepunahan.”

Mari kita berjuang untuk melindungi kelangsungan hidup bumi kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar